Jurnal Desain Komunikasi Visual
Vol. 2 No. 1 (2025): February

Analisis Semiotika Pesan Moral Pada Film How to Make Milions Before Grandma Dies

Aisyah, Siti (Unknown)
Hasmawati, Fifi (Unknown)
Apriko, M. Syendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Pesan Moral pada Film How to Make Millions Before Grandma Dies”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pesan moral yang terkandung didalam film How to Make Millions Before Grandma Dies menggunakan analisis semiotika melalui scene yang mengandung pesan moral pada film. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan mencatat dan menganalisis scene yang memuat pesan moral dalam film How to Make Millions Before Grandma Dies. Pendekatan semiotika Roland Barthes diterapkan untuk mengidentifikasi dan memahami makna denotasi, konotasi, dan mitos yang muncul dalam elemen-elemen visual, dialog, dan simbol-simbol di dalam film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan moral yang terkandung pada film How To Make Milions Before Grandma Dies mencakup tiga kategori yaitu, hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkungan sosial termasuk dengan alam. Melalui pendekatan semiotika, penelitian ini berhasil mengungkap bahwa film tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, tetapi juga sebagai media penyampaian pesan moral. Dengan analisis yang mendalam, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam kajian film dan komunikasi visual, serta menjadi referensi bagi penelitian serupa di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dkv

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Desain Komunikasi Visual ISSN 3048-1481 is a scholarly, published by Indonesian Journal Publisher. Jurnal DKV publishes four issues annually in the months of February, Mei, Agustus and November. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been ...