Cemara Education and Science
Vol. 3 No. 2 (2025): Vol III. Edisi II. Tahun 2025

PEGARUH BUDAYA 5S (SENYUM, SAPA, SALAM, SANTUN, SOPAN) TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI MATRIKS SMA BUDISATRYA MEDAN

Nurul Sufni (Unknown)
Abdul Fattah Nasution (Unknown)
Khoirunnisa Fadila Rambe (Unknown)
Hafiz Yusuf Nasution (Unknown)
Faradillah Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) merupakan salah satu budaya sekolah yang bertujuan membangun interaksi sosial yang harmonis dan mencerminkan nilai-nilai kesopanan dalam kehidupan sehari-hari. SMA Budi Satrya telah menerapkan budaya 5S sebagai bagian dari tata tertib untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif. Namun, efektivitas penerapan budaya ini terhadap interaksi sosial siswa masih belum cukup terdata. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh budaya 5S terhadap interaksi sosial siswa kelas XI Matriks di SMA Budi Satrya.Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment. Sampel terdiri dari 31 siswa kelas XI Matriks, dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,581, yang berarti terdapat hubungan sedang antara budaya 5S dan interaksi sosial siswa. Budaya 5S memberikan kontribusi sebesar 33,75% terhadap interaksi sosial siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Mayoritas siswa menunjukkan sikap ramah dan santun, tetapi konsistensi dalam penerapan budaya ini masih memerlukan peningkatan. Penelitian ini menegaskan bahwa budaya 5S memiliki peran penting dalam membentuk interaksi sosial yang positif, meskipun perlu adanya program pembiasaan yang lebih efektif di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ces

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus and Scope Cemara Education and Science (CES) menerbitkan artikel-artikel di bidang pendidikan yang melaporkan penelitian empiris tentang topik-topik penting lintas konteks pendidikan, dalam hal desain dan temuan penelitian. Ruang lingkup Cemara Education and Science (CES) meliputi: Pendidikan ...