MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 5 (2025): Juni

Strategi Guru dalam Menghadapi Problematika Kesulitan Membaca Siswa pada Kurikulum Merdeka Kelas 2 SD Negeri 1 Tlogojati Wonosobo

Diva Ramadhani (Unknown)
Abdul Majid (Unknown)
Rifqi Aulia Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas 2 dalam penerapan Kurikulum Mandiri di SD Negeri 1 Tlogojati Wonosobo. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi seperti pendekatan fonetik, pemanfaatan media audio visual, dan pembelajaran berbasis diferensiasi. Meskipun menghadapi kendala seperti keterbatasan fasilitas dan kemampuan membaca siswa yang beragam, guru terus melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Strategi ini terbukti cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pengembangan model pembelajaran membaca adaptif dalam Kurikulum Mandiri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

merdeka

Publisher

Subject

Other

Description

MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah multidisiplin yang bersifat peer-review dan terbuka. Jurnal ini terbit 6 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Fokus dan ruang lingkupnya meliputi: Ilmu Sosial, Humaniora, ...