Potensia
Vol 9, No 2 (2023): Desember

Menguak Potensi Pengembangan Kurikulum Melalui Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an

Nufus, Elok Aulia Bilawatin (Unknown)
Handayaningrum, Warih (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi potensi pengembangan kurikulum melalui metode Ummi di MI Islamiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Ummi memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas sistem pendidikan, pembentukan karakter anak-anak, dan lingkungan belajar yang kondusif. Potensi metode Ummi dalam pengembangan kurikulum di MI Islamiyah mencakup: pendekatan berbasis pemahaman dan interaktif yang mendalam dan kontekstual terhadap ajaran Al-Qur'an. Integrasi elemen interaktif yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik, dinamis, dan memotivasi. Dorongan terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak, terutama dalam konteks pembelajaran Al-Qur'an. Melalui penelitian ini, lembaga pendidikan Islam dapat memperoleh manfaat maksimal dari metode pembelajaran Al-Qur'an metode Ummi yang holistik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Potensia

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL POTENSIA, Jurnal Kependidikan Islam adalah jurnal yang terbit dwi tahunan yaitu Juni dan Desember. Redaksi menerima artikel yang berkaitan dengan kependidikan Islam yang asli dan belum pernah dipublikasikan pada media manapun. Artikel dapat dikirimkan melalui email: ...