Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang bertujuan membahas konsep kurikulum pendidikan dalam al-Qur’an pada periode Makiyah. Kurikulum Qur’ani yang dimaksud adalah sebuah panduan atau konsep kurikulum pendidikan yang didasarkan pada tuntunan al-Qur’an dan penjelasan langsung dari Rasulullah saw. Keberhasilan kurikulum Qur’ani telah terbukti dengan lahirnya generasi hebat dimasa awal perkembangan Islam yaitu para sahabat yang menjelma menjadi pemimpin dunia. Makiyah dan Madaniyah tidak hanya tentang periodesasi turunya al-Qur’an, melainkan juga memiliki makna dan tujuan serta kurikulum pengajaran bagi para aktor pelaku sejarah pada masa turunnya. Kurikulum Qur’ani pada periode Makiyah merupakan hasil turunan dari karakteristik ayat-ayat Makiyah. Secara umum kurikulum Makiyah memiliki beberapa tema substantif yaitu: Orientasi pada pondasi keimanan, pembiasaan ibadah, penanaman akhlak terpuji, sederhana, mengesankan dan intens, pendekatan dengan kisah dan alam semesta. Mengingat periode Makiyah adalah periode awal turunya al-Qur’an, maka kurikulum Makiyah sesuai untuk jenjang pendidikan awal atau pendidikan dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023