Potensia
Vol 9, No 2 (2023): Desember

Kurikulum Qur’ani Pendidikan Dasar ditinjau dari Periodesasi Makiyah

Ismail, Hidayatullah (Unknown)
Fatah, Nasrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang bertujuan membahas konsep kurikulum pendidikan dalam al-Qur’an pada periode Makiyah. Kurikulum Qur’ani yang dimaksud adalah sebuah panduan atau konsep kurikulum pendidikan yang didasarkan pada tuntunan al-Qur’an dan penjelasan langsung dari Rasulullah saw. Keberhasilan kurikulum Qur’ani telah terbukti dengan lahirnya generasi hebat dimasa awal perkembangan Islam yaitu para sahabat yang menjelma menjadi pemimpin dunia. Makiyah dan Madaniyah tidak hanya tentang periodesasi turunya al-Qur’an, melainkan juga memiliki makna dan tujuan serta kurikulum pengajaran bagi para aktor pelaku sejarah pada masa turunnya. Kurikulum Qur’ani pada periode Makiyah merupakan hasil turunan dari karakteristik ayat-ayat Makiyah. Secara umum kurikulum Makiyah memiliki beberapa tema substantif yaitu: Orientasi pada pondasi keimanan, pembiasaan ibadah, penanaman akhlak terpuji, sederhana, mengesankan dan intens, pendekatan dengan kisah dan alam semesta. Mengingat periode Makiyah adalah periode awal turunya al-Qur’an, maka kurikulum Makiyah sesuai untuk jenjang pendidikan awal atau pendidikan dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Potensia

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL POTENSIA, Jurnal Kependidikan Islam adalah jurnal yang terbit dwi tahunan yaitu Juni dan Desember. Redaksi menerima artikel yang berkaitan dengan kependidikan Islam yang asli dan belum pernah dipublikasikan pada media manapun. Artikel dapat dikirimkan melalui email: ...