Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah
Vol 10 No 3 (2025)

Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Boneka Mainan: Studi Konsumen Boneka Mainan di Indonesia

Soeseno, Magitha Tania (Unknown)
Rizan, Mohamad (Unknown)
Sari, Dewi Agustin Pratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Maksud dari penulisan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh positif dan signifikan influencer marketing, FOMO (Fear of Missing Out), hedonic motivation, dan brand image terhadap purchase decision. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner yang didistribusikan secara online melalui platform media sosial seperti WhatsApp, X, dan Facebook. Objek dalam penelitian ini adalah konsumen boneka Labubu yang berdomisili di Indonesia dan berusia minimal 17 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menganalisis data dari 250 responden. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa influencer marketing, FOMO (Fear of Missing Out), hedonic motivation, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian boneka Labubu. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya, khususnya yang berkaitan dengan perilaku konsumen produk boneka mainan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Mas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah (e-ISSN: 2580-5800; p-ISSN: 2527-6344) is a journal that is managed by the Islamic Banking Study Program, Muhammadiyah University of Surabaya and in collaboration with professional organizations, namely Ikatan Ahli Ekonomi Islam. This ...