Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 8, No 2 (2025): Juli

Membangun Penalaran Al-Quran dalam Pendidikan: Kajian Konsep Ru'yah, Nazhor, dan Tafakur sebagai Strategi Pembelajaran

Salamuddin, Ahmad (Unknown)
Abdussalam, Aam (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

The Qur'an serves not only as a source of faith but also as a comprehensive guide for human reasoning and reflection. Recognizing this, Islamic education must integrate Qur'anic paradigms of thinking into its pedagogical approaches. This study aims to analyze the practical concepts of ru'yah, nazhor and tafakur as operational frameworks for reasoning found in the Qur'an, and to explore their implications for learning strategies. Employing a qualitative approach through library research and content analysis, this study identifies and interprets key Qur'anic terms related to cognitive processes. The findings reveal that these concepts promote empirical observation, scientific reflection, and intellectual contemplation, which can be strategically incorporated into PAI to foster critical, spiritual, and balanced learners. Integrating Qur'anic reasoning into educational strategies offers a transformative potential for Islamic education, aligning rational inquiry with spiritual growth.Al-Qur'an tidak hanya berfungsi sebagai sumber keimanan, tetapi juga sebagai panduan komprehensif bagi penalaran dan refleksi manusia. Menyadari hal ini, pendidikan Islam harus mengintegrasikan paradigma berpikir Al-Qur'an ke dalam pendekatan pedagogisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep praktis ru'yah, nazhor, dan tafakur sebagai kerangka operasional untuk penalaran yang ditemukan dalam Al-Qur'an, dan untuk mengeksplorasi implikasinya terhadap strategi pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui penelitian kepustakaan dan analisis konten, penelitian ini mengidentifikasi dan menafsirkan istilah-istilah utama Al-Qur'an yang terkait dengan proses kognitif. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa konsep-konsep ini mendorong pengamatan empiris, refleksi ilmiah, dan kontemplasi intelektual, yang dapat secara strategis dimasukkan ke dalam PAI untuk menumbuhkan pembelajar yang kritis, spiritual, dan seimbang. Mengintegrasikan penalaran Al-Qur'an ke dalam strategi pendidikan menawarkan potensi transformatif bagi pendidikan, menyelaraskan penyelidikan rasional dengan pertumbuhan spiritual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...