Matematika merupakan mata kuliah wajib di perguruan tinggi karena penting dalam membentuk kemampuan berpikir logis, kritis, dan pemecahan masalah. Namun, pada masa PTM Terbatas saat pandemi COVID-19, perkuliahan matematika kurang optimal akibat keterbatasan dosen dalam merancang pembelajaran yang tepat. Mengingat sifat matematika yang abstrak, diperlukan desain pembelajaran yang lebih efektif dan kontekstual. Salah satu model pembelajaran yang populer pada masa pandemik COVID-19 ini adalah flipped classroom. Agar perkuliahan matematika ini dapat optimal, seorang dosen perlu mendesain suatu alur pembelajaran yang bermakna berupa learning trajectory berbasis etnomatematika. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah mendesain suatu learning trajectory berbasis etnomatematika dengan menggunakan strategi flipped classroom dalam mengajarkan materi sistem bilangan pada mata kuliah Pendidikan Matematika I di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas San Pedro. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode design research. Tahapan dalam desain learning trajectory ini meliputi tahap thought experiment, teaching experiment, dan restropective analysis. Selanjutnya, peneliti menggunakan metode design research untuk mendesain learning trajectory berbasis etnomatematika dengan menggunakan strategi flipped classroom. Learning trajectory didesain mengikuti tahapan dalam design research yang meliputi thought experiment, teaching experiment, dan retrospective analysis. Learning trajectory untuk materi sistem bilangan yang dihasilkan dalam penelitian ini dapat dianggap sebagai cara alternatif atau kerangka acuan bagi guru untuk merancang serangkaian kegiatan pembelajaran yang mendukung pengembangan pemahaman konseptual siswa terhadap materi sistem bilangan.
Copyrights © 2024