Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2025): April - June 2025

Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Outdoor Modelling Mathematics terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Mendrofa, Eva Kristinawaty (Unknown)
Sofnidar, Sofnidar (Unknown)
Anwar, Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Kurangnya kemampuan penalaran matematis siswa menjadi faktor belum tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Outdoor Modelling Mathematics terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kami menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Grup Design. Kelas yang digunakan sebanyak dua kelas, yaitu kelas ekperimen dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Outdoor Modelling Mathematics dan kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran kovensional. Kami menggunakan instrumen berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes penalaran matematis. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik uji-T dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Outdoor Modelling Mathematics memberikan pengaruh sangat besar terhadap kemampuan penalaran matematis. Skor keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada kedua kelas sampel berkategori sangat baik. Pembelajaran berdiferensiasi dengan model Outdoor Modelling Mathematics lebih berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...