Kurangnya kemampuan penalaran matematis siswa menjadi faktor belum tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Outdoor Modelling Mathematics terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kami menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Grup Design. Kelas yang digunakan sebanyak dua kelas, yaitu kelas ekperimen dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Outdoor Modelling Mathematics dan kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran kovensional. Kami menggunakan instrumen berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes penalaran matematis. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik uji-T dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Outdoor Modelling Mathematics memberikan pengaruh sangat besar terhadap kemampuan penalaran matematis. Skor keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada kedua kelas sampel berkategori sangat baik. Pembelajaran berdiferensiasi dengan model Outdoor Modelling Mathematics lebih berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025