Kategori Camper memiliki potensi bertahan dalam menghadapi kesulitan, tetapi cenderung berhenti ketika tantangan semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Perseverance in Mathematical Reasoning (PiMR) siswa dengan tipe Adversity Quotient (AQ) Camper pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV).  Penelitian ini difokuskan pada eksplorasi PiMR siswa dengan kategori AQ Camper. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan partisipan siswa kelas VIII A SMP Negeri 9 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan meliputi angket Adversity Response Profile (ARP), soal penalaran matematis, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Pemilihan subjek dilakukan berdasarkan hasil angket ARP untuk mengidentifkasi siswa dalam kategori camper. Teknik pengumpulan data melalui pemberian soal penalaran matematis, observasi saat pengerjaan, dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kategori AQ camper memenuhi 6 dari 10 indikator PiMR. Kategori camper memiliki potensi bertahan dalam menghadapi kesulitan, tetapi cenderung berhenti ketika tantangan semakin meningkat. Oleh karena itu, fokus pada kelompok ini menjadi penting karena berada dalam posisi kritis untuk dibantu agar mampu mengembangkan PiMR. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun siswa camper memiliki kecenderungan untuk bertahan dalam menghadapi tantangan, daya juang siswa camper belum cukup kuat untuk mengatasi kesulitan secara penuh dalam konteks PiMR. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peran pendidik dalam memberikan dukungan dan strategi pembelajaran yang dapat mendorong siswa camper untuk mengoptimalkan PiMR. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengkaji faktor lain yang turut mempengaruhi PiMR dan menganalisa lebih lanjut terkait optimalisasi kategori AQ camper dalam meningkatkan PiMR.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025