Penelitian ini mengeksplorasi praktik prosumsi komunikasi penggemar Enhypen Indonesia atau biasa disebut Engene Indonesia yang berkembang di komunitas Enhypen World Tour in Jakarta dalam platform X. Dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, penelitian ini menganalisis praktik produksi dan konsumsi konten penggemar guna mendukung keberlanjutan komunitas virtual yang aktif dan dinamis. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dengan menganalisis 45 tweet yang paling ramai diperbincangkan selama bulan Oktober–November 2024, serta wawancara mendalam terhadap empat Engene Indonesia yang tergabung dalam komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat praktik dalam prosumsi komunikasi, yaitu 1) gerakan kolektif dalam komunitas virtual, 2) sarana dukungan penggemar, 3) wadah untuk ekspresi penggemar, dan 4) komunitas sebagai wadah promosi. Keempat praktik ini memperlihatkan bagaimana penggemar tidak hanya berperan sebagai konsumen pasif, tetapi juga sebagai produsen aktif yang menciptakan narasi, visual, dan interaksi digital yang memperkuat identitas komunitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik prosumsi menunjukkan konsumsi berkelanjutan untuk mempertahankan komunitas serta mampu menggabungkan peran produsen dan konsumen dalam ruang digital.
Copyrights © 2025