Linggau Journal Science Education (LJSE)
Vol. 3 No. 1 (2023): Linggau Journal Science Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SRIMULYO

Tri Buana (Unknown)
Satinem (Unknown)
Aren Frima (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Srimulyo setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check secara signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Pre-test dan Post-test. Pengambilan sampel ini diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V berjumlah 24 siswa. Instrumen data diambil dengan teknik tes. Instrumen yang digunakan peneliti berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 12 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji “Z”. Berdasarkan uji hipotesis kemudian Zhitung dikonsultasikan dengan Ztabel pada daftar distribusi “Z” dengan taraf signifikan α = 0,05sehingga diperoleh Zhitung = 5,58 dan nilai Ztabel = 1,64. Maka maka Zhitung = 5,58 > Ztabel = 1,64 dengan hal ini maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dapat menuntaskan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Srimulyo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ljse

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Linggau Journal Science Education (LJSE) is an open education online journal that can be visited by friends from various institutions. Linggau Journal Science Education (LJSE) is an intermediary for publishing the results of scientific research in a wider environment. The development of the research ...