Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model STAD (student team achievement division) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sukajaya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimental designs dengan desain eksperimen Pre-test dan Post-test. Pengambilan sampel ini diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel jenuh dalam penelitian ini yaitu kelas V berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 18 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) secara signifikan menuntaskan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sukajaya, yang mendukung hipotesis penelitian. Oleh karena itu, model Student Team Achievement Division (STAD) terbukti sebagai strategi pembelajaran yang efektif dan mendukung hipotesis (6,96) bahwa hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sukajaya secara signifikan tuntas setelah diterapkan model pembelajaran ini.
Copyrights © 2025