Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Contextual Teacher And Learning (CTL) pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negri 31 Lubuklinggau. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Negri 31 Lubuklinggau yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, pre-test, dan post-test, dan teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini teknik kuantitatif dengan persentase hasil penelitian mengungkapkan bahwa meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Contextual Teacher And Learning (CTL) pada siswa kelas IV SD Negri 31 Lubuklinggau.Hali ini dapat di lihat dari hasil pre-test 31,5 dan hasil post test 70,24. Data instrumen diambil dengan teknik tes.instrumen yang digunakan penulis berbentuk essay yang berjumlah 10 soal.Pengumpulan data di ambil dengan teknik tes.Data analisis menggunakan uji “Z” berdasarkan uji hipotesisi kemudian Zhitung dikonsultasikan dengan Ztabel pada daftar distribusi “Z”dengan taraf signifikan sehingga di peroleh Zhitung = 58,4 dan nilai Ztabel = Z hitungan (1,54) > Z tabel (1,64), dapat dikatakan bahwa H ditolak dan H diterima artinya nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 31 Lubuklinggau setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model Contextual Teacher And Learning (CTL) lebih dari atau sama dengan 70 (KKM).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024