Linggau Journal Science Education (LJSE)
Vol. 4 No. 2 (2024): Linggau Journal Science Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 6 MEGANG SAKTI

Wirawan, Ardi (Unknown)
Sukenda Egok, Asep (Unknown)
Raflesia, Citra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 6 Megang Sakti. Metode penelitian yang digunakan berbentuk one Group Pretest-posttest Design. Populasinya adalah seluruh kelas V SD Negeri 6 Megang Sakti dan sekaligus sampel penelitian yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdir dari 8 soal. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-z, rata-ratta hasil belajar pre-test (31,04) dan post-tes (73,16). Berdasarkan hasil analisis uji-z, rata-rata (x) nilai keseluruhan hasil tes akhir berdasarkan perhitungan diperoleh 73,16 sebesar 11,070 dan 9,222. Karena = 9,222 < = 11,070 maka datanya dapat disimpulkan berdistribusi normal, besarnya = 2,46 dan = 1,65 karena = 2,46 > = 1,65 maka diterima dan ditolak, Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 6 Megang Sakti setelah Model Pembelajaran Think pair share secara signifikan tuntas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ljse

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Linggau Journal Science Education (LJSE) is an open education online journal that can be visited by friends from various institutions. Linggau Journal Science Education (LJSE) is an intermediary for publishing the results of scientific research in a wider environment. The development of the research ...