Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menyusun instrumen evaluasi pembelajaran, baik berupa tes maupun non-tes, guna mendukung penyelesaian tugas akhir mereka. Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam merancang dan mengembangkan alat ukur yang valid dan reliabel. Kegiatan dilaksanakan melalui pendekatan partisipatif dengan metode ceramah interaktif, diskusi. Pengukuran keberhasilan pelatihan dilakukan melalui lembar observasi keterlibatan peserta dan kuesioner kepuasan peserta. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menyusun instrumen evaluasi. Observasi Partisipasi Sebanyak 75% peserta aktif bertanya dan berdiskusi selama sesi pelatihan. Seluruh peserta menyelesaikan tugas latihan pembuatan instrumen selama pelatihan Observasi keterlibatan peserta pelatihan dengan persentase 75%. Angket kepuasan peserta dalam mengikuti kegiatan ini juga pada kategori sangat puas dengan persentase 92,8%. Simpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pelatihan pembuatan instrumen tes dan non-tes efektif dalam meningkatkan kapasitas akademik mahasiswa, khususnya dalam mempersiapkan tugas akhir yang membutuhkan validasi alat ukur.
Copyrights © 2025