Inflasi : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan
Vol. 2 No. 1 (2025): Inflasi - Mei

Peran Pengendalian Internal Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan  Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Soebandi Jember

Permata, Juwita Indah (Unknown)
Wulan Dwi Lestari Santoso (Unknown)
Amalia, Iklilla Tarisa (Unknown)
Musfiroh, Luluk (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Pengendalian internal merupakan sistem yang dirancang untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan, meningkatkan efisiensi operasional, serta meminimalkan risiko kecurangan dan kesalahan. Kualitas pelayanan perpajakan menjadi faktor penting dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan optimalisasi penerimaan daerah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap pegawai serta wajib pajak yang menggunakan layanan perpajakan di Samsat Soebandi Jember. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif untuk memastikan validitas hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengendalian internal yang kuat, mencakup lingkungan pengendalian, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan, memiliki peran krusial dalam meningkatkan efektivitas pelayanan perpajakan di Samsat Soebandi Jember. Penguatan sistem pengawasan serta peningkatan transparansi dalam proses pelayanan tidak hanya mempercepat administrasi pajak tetapi juga membangun kepercayaan masyarakat

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inflasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

"Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Perbankan" adalah sebuah publikasi akademis yang bertujuan untuk menjadi platform bagi penelitian, analisis, dan pembahasan terkait isu-isu ekonomi, manajemen, dan perbankan. Jurnal ini menyediakan ruang bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan pengambil kebijakan ...