Kecemasan merupakan kondisi umum yang sering terjadi pada kondisi sosial. Cemas pada anak muncul karena disebabkan oleh adanya tekanan atau gangguan yang tidak menyenangkan. Tujuan dari Penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas dari terapi musik klasik terhadap perubahan kecemasan pada anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Pra-Eksperimental dengan menggunakan pendekatan metode One Group pre-post test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner serta menggunakan uji statistik Paired Sample t Test yang dibantu oleh SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stress sebelum dilakukan terapi musik klasik rata-rata termasuk ke dalam kategori kecemasan sedang yaitu 66.47. Setelah dilakukan terapi musik klasik rata-rata tingkat kecemasan mengalami penurunan menjadi 59.60. Berdasarkan dari hasil uji Paired Sample t Test menunjukkan bahwa nilai p value 0.000 < α 0.05 sehingga Ha diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh dari pemberian terapi musik klasik terhadap perubahan tingkat kecemasan pada anak sekolah.
Copyrights © 2024