J-CEKI
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Pengaruh Consumer Ethnocentrisme, Customer Review dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skincare Somethinc Di Kota Mataram

Maulina, Intan (Unknown)
Jati, L. Jatmiko (Unknown)
Wardi, Putri Amalia (Unknown)
Anggriani, Rini (Unknown)
Assa'ady, M. Chothibul Umam (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin meningkat, salah satunya dalam bisnis kecantikan atau perawatan kulit wajah yang biasa disebut juga dengan skincare yang pada dasarnya untuk merawat kulit wajah agar terlihat lebih cerah dan sehat. Banyaknya brand skincare internasional di Indonesia dan brand-brand lokal yang mulai membuktikan bahwa brand skincare lokal mampu bersaing dengan brand internasional. Salah satu brand lokal yang mampu bersaing adalah brand skincare somethinc. Banyak konsumen menganggap bahwa menggunakan brand lokal lebih baik daripada brand internasional, hal ini dikarenakan sikap nasionalisme dan kesadaran untuk membantu perkembangan perekonomian nasional yang cukup tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Consumer Ethnocentrisme, Customer Review Dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skincare Somethinc Di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 100 yang kemudian dilakukan olah data menggunakan alat SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Customer Ethnocentrisme (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen (Y). variabel Customer Review (X2) memiliki pengaruh negative dan signifikan terhadap minat beli konsumen (Y), variabel Perceived Quality (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y). Dan variabel customer ethnocentrisme, customer review dan perceived quality berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat beli (Y).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...