Penelitian ini mengembangkan modul pembelajaran berbasis augmented reality untuk materi Tata Surya pada siswa kelas VI SD Negeri Sendangsoko, Pati. Tujuan penelitian adalah menciptakan modul yang menarik, menyenangkan, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis, kebutuhan pembelajaran diidentifikasi melalui observasi dan wawancara dengan guru dan siswa. Modul dirancang menggunakan Canva untuk desain dan Asmblr edu untuk desain 3D. Validasi ahli media dan materi menunjukkan skor 92% dan 89%, menandakan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan. Reliabilitas dihitung berdasarkan penilaian 4 validator (2 materi dan 2 media) yang menghasilkan skor 98%, menunjukkan media ini reliabel. Uji coba dilakukan dengan 18 siswa dan satu guru, menghasilkan angket respons dengan skor 92% dari guru dan 91% dari siswa, yang menunjukkan bahwa media ini efektif, menarik, dan diterima dengan baik. Kesimpulannya, modul pembelajaran berbasis augmented reality ini terbukti valid dan reliabel, efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025