J-CEKI
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Penerapan Metode Storytelling untuk Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Anak Tunagrahita di SKh Negeri 01 Kota Cilegon

Amelia, Dwi (Unknown)
Sidik, Sistriadini Alamsyah (Unknown)
Pratama, Toni Yudha (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2025

Abstract

Metode ini merupakan salah satu cara untuk menjalankan program bina diri anak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan bina diri anak tunagrahita di SKh Negeri 01 Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research dengan desain A-B-A. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari anak-anak kelas 1 SDKh Negeri 01 Kota Cilegon. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 anak tunagrahita dengan kriteria belum bisa melakukan bina diri menyikat gigi. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak mampu merawat gigi dengan cara menyikat gigi. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang lebih baik terhadap kemampuan bina diri anak jika dibandingkan dengan kemampuan awal anak sebelum diberikan intervensi menggunakan metode storytelling menggunakan media buku cerita bergambar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...