J-CEKI
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Peran Instagram dalam Penyebaran Kampanye Edukasi Pencegahan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) melalui Perancangan Konten Kreatif

Ibrahim, Zahra Salsabila Nimas Ayu (Unknown)
Chidtian, Aileena Solicitor Costa Rica El (Unknown)
Widyasari, Widyasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) merupakan gangguan hormonal yang menyerang 45,7% wanita di Indonesia dengan usia 26 hingga 30 tahun (HIFERI, 2024). Namun kurangnya penyebaran informasi, terutama di media sosial, membuat terlambatnya wanita dalam mendapat penanganan lebih lanjut. Peran Instagram dapat berguna untuk menyebarkan kampanye edukasi karena memiliki jangkauan luas, terutama pada audiens wanita usia 20 hingga 30 tahun. Penelitian ini merancang kampanye edukasi pencegahan PCOS menggunakan strategi 5A (aware, appeal, ask, act, advocate) dan konten kreatif berbentuk visual ilustrasi. Hasil menunjukkan, bahwa peran Instagram dengan konten berbasis visual ilustrasi dapat mengemas topik PCOS yang kompleks menjadi lebih menarik dan tetap informatif bagi audiens.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...