J-CEKI
Vol. 4 No. 4: Juni 2025

Analisis Kebutuhan Media Edugame Untuk Menunjang Pembelajaran Di Era Digitalisasi Pada Kelas VII

Sariyanto, Slamet (Unknown)
Suprayitno, Iswahyudi Joko (Unknown)
Sulistyaningsih, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kebutuhan media pembelajaran matematika sebagai media penunjang pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang kini semakin berkembang permasalahan yang terjadi saat ini adalah kebiasaan siswa suka bermain game hingga lupa waktu dalam hasil survei penduduk indonesia 180 juta aktif bermain game dan 70% diantaranya usia 13 sampai 24 ditahun 2021, siswa dalam pelajaran matematika materi aljabar dan aritmatika sosial mengalami kesulitan dalam pemahamannya karena terbatasnya media pembelajaran yang tersedia. Perkembangan teknologi saat ini memberikan peluang untuk menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran . Peneliti menggunakan metode ADDIE yang terbatas pada tahap analisis dan dengan menggunakan pendekatan kualitatif data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan angket kebutuhan siswa. hasil analisis diperoleh 83% siswa menginginkan pembelajaran dengan media edugame dan 84% rata-rata siswa menginginkan pembelajaran yang menyenangkan seperti video pembelajaran dan game edukasi. Dengan adanya media pembelajaran edugame diharpkan siswa lebih aktif, semangat dan termotivasi untuk belajar sehingga dapat meningkatkan peluang pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...