Thariqah Ilmiah ; Jurnal ilmu-ilmu kependidikan & Bahasa Arab
Vol 12, No 2 (2024): THARIQAH ILMIAH: JURNAL ILMU-ILMU KEPENDIDIKAN DAN BAHASA ARAB

EVALUATION OF THE RALPH TYLER MODEL CURRICULUM IN THE MA'HAD AL-JAMIAH ARABIC LANGUAGE LEARNING PROGRAM AT UIN SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN

Lubis, Irsal Amin (Unknown)
Rahmawati, Rahmawati (Unknown)
Yasmadi, Yasmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Perguruan tinggi keagamaan Islam, khususnya Negeri mempunyai unit Ma'had Al-jamiah dan mempunyai program pembelajaran bahasa arab karena merupakan bahasa asing yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Banyak problematikan yang dihadapi dalam melaksanakan program pembelajaran ini sehingga perlu adanya tinjauan ilmiah dalam konteks evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan evaluasi program pembelajaran bahasa arab dalam konteks kurikulum menggunakan pendekatan model Ralph Tyler yang terfokus pada aspek desain, implementasi dan evaluasi dan bagaimana evaluasi pada aspek desain, implementasi secara detail. Metode penelitian ini menggunakan pendekaran kualitatif deskriptif analitis terhadap teks kurikulum dan proses pembelajaran yang diamati secarara langsung. Untuk mendapatkan data menggunakan Teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain program pembelajaran bahasa arab di Ma’had Al-jamiah Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan terdiri dari tiga aspek utama yaitu tujuan program, indicator, dan target capaian mufrodat yang harus di distribsikan. Kemudian pada implementasi program pembelajaran mencakup pada Indicator pelaksanaan, Pelaksanaan, Materi ajar, metode pembelajaran, pelaksanaan Sanksi Pelanggaran Bahasa, Kegiatan Tambahan diluar program pembelajaran. Sedangkan evaluasi program mencakup pada evaluasi ide, evaluasi desain, evaluasi implementasi, dan evaluasi factor pendukung. temuan utama pada aspek penyediaan mufrodat yang terlalu monoton sehingga menjadikan pengajar menjadi kurang kreatif dalam memberikan mufrodat baru, dan aspek mahasiswa dan pembimbing asrama banyak yang tidak menggunakan bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari akibat dari kuatnya pengaruh budaya setempat dalam menggunakan bahasa daerah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

THARIQAH ‘ILMIAH merupakan jurnal ilmu kependidikan dan Bahasa Arab. Jurnal ini diterbitkan dua edisi setiap tahun yaitu edisi Juni dan edisi Desember. Tim redaksi menerima tulisan ilmiah baik merupakan hasil pemikiran konseptual maupun hasil penelitian yang berkaitan dengan kajian ilmu ...