Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 4 (2025): August

Pengembangan Media LUTION (Ludo Education) untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar

Depi Ratnasari (Unknown)
Asmawati (Unknown)
Virma Nadia Safitri (Unknown)
Husnul Aini (Unknown)
Murjainah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Lution (Ludo Education) yang valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, design, Development, Implemation, and Evalution). Informasi dikumpulkan melalui dokumentasi, angket, dan tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa media Lution (Ludo Education) memiliki kevalidan 86,3% dalam kategori sangat valid, kepraktisan 90,61% dalam kategori sangat praktis, dan keefektifan 90,5% dalam kategori sangat efektif, maka dapat disimpulkan media Lution (Ludo Education) valid, praktik dan efektif, dengan demikian media Lution (Ludo Education) dapat digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar. Temuan ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengeksperimenkan penggunaan Lution (Ludo Education) kepada peserta didik agar diketahui variable lain yang mendukung untuk pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...