Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Lution (Ludo Education) yang valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, design, Development, Implemation, and Evalution). Informasi dikumpulkan melalui dokumentasi, angket, dan tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa media Lution (Ludo Education) memiliki kevalidan 86,3% dalam kategori sangat valid, kepraktisan 90,61% dalam kategori sangat praktis, dan keefektifan 90,5% dalam kategori sangat efektif, maka dapat disimpulkan media Lution (Ludo Education) valid, praktik dan efektif, dengan demikian media Lution (Ludo Education) dapat digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar. Temuan ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengeksperimenkan penggunaan Lution (Ludo Education) kepada peserta didik agar diketahui variable lain yang mendukung untuk pembelajaran.
Copyrights © 2025