Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 4 (2025): August

Pengembagan Media Supermarket Materi Bilangan Cacah Pada Pembelajaran Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Prihartini, Eka (Unknown)
Yuniar, Elda (Unknown)
Ma'rifah, Lazimatul (Unknown)
Marliana, Yopa (Unknown)
Murjainah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2025

Abstract

Pemahaman konsep bilangan cacah di tingkat dasar sekolah masih menjadi tantangan, terutama karena kurangnya media pembelajaran yang kontekstual dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk supermarket yang relevan dengan kehidupan nyata siswa guna meningkatkan hasil belajar matematika. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang dimodifikasi. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif, melibatkan ahli materi, ahli media, guru, dan siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media supermarket sangat valid (83,31%), sangat praktis (81,34%), dan sangat efektif (85,88%) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap bilangan cacah. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pendekatan pembelajaran kontekstual serta mendukung penerapan Kurikulum Merdeka. Media ini berpotensi diadaptasi lebih luas di sekolah dasar untuk memperkuat kompetensi numerasi siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan sampel dan menggunakan pendekatan kuantitatif maupun metode campuran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...