Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 4 (2025): August

Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pendidikan Pancasila Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Gerokgak

Ardiana, I Putu Agus Setiawan (Unknown)
Primayana, Kadek Hengki (Unknown)
Ardiawan, I Ketut Ngurah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Penelitian memiliki tujuan utama yaitu mengetahui penerapan model pembelajaran TGT terkait mengintegrasikan nilai-nilai Tri Hita Karana dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa kelas V di SD Gugus IV Kecamatan Gerokgak. Penggunaan metode quasi eksperimen serta pendekatan kuantitatif. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek studi yakni 43 siswa kelas V SDN 2 Sanggalangit yang menjadi kelas eksperimen. Hasil penelitian menjelaskan adanya peningkatan pada keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran TGT berorientasi THK. Rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis sebelum perlakuan adalah 55,60 dan meningkat menjadi 83,12, yang berarti terjadi peningkatan sebesar 59%. Serta, uji independen t-test mengonfirmasi diperoleh adanya perbedaan signifikan kedua kelompok, dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,05. Hal ini menandai pemberian perlakuan menggunakan model TGT yang berorientasi pada THK berpengaruh nyata kepada keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulannya, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran dengan model TGT berorientasi Tri Hita Karana dan yang tidak

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...