Jurnal Panrita
Vol 3 No 1 (2025): April 2025

Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Di SMPN 1 Patimpeng

Trifadel, Mut'amal (Unknown)
Harmilawati (Unknown)
Irmayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari pendampingan pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan metode diskusi kelompok di SMPN 1 Patimpeng adalah untuk membantu siswa memahami materi Bahasa Inggris dengan lebih baik melalui interaksi dan kolaborasi. Berdasarkan hasil observasi selama pengabdian pada peserta didik di kelas VII.1 dan VIII.2 bahwa banyak siswa tampak mengantuk dan tidak fokus saat penjelasan materi berlangsung. Hal ini karena disebabkan oleh faktor-faktor seperti kurangnya motivasi belajar, kebisingan di lingkungan kelas atau suasana yang tidak kondusif untuk belajar serta ribut di ruang kelas pada saat memberi materi. Dengan diskusi kelompok memungkinkan siswa untuk bertanya, berbagi pendapat, dan saling menjelaskan konsep yang sulit dipahami. Pendampingan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), yang terdiri dari beberapa tahapan: identifikasi peserta didik, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan yang signifikan pada peserta didik dalam memahami materi pembelajaran karena interaksi aktif dalam diskusi kelompok. Selain itu, metode ini berhasil memotivasi siswa untuk berpikir kritis dan analitis terhadap materi yang dibahas, dan membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcs

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Environmental Science

Description

Jurnal Panrita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Ahmad Dahlan kabupaten Sinjai. Jurnal ini diterbitkan dengan tujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait dengan pengembangan ...