Jurnal Kajian Pendidikan Islam
Volume 4 Nomor 2 Juli 2025

Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Menghadapi Era Society 5.0

Ari Pratama, Ihza (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah memunculkan konsep Society 5.0 yang pertama kali diperkenalkan oleh pemerintah Jepang. Konsep ini menggambarkan sebuah masyarakat yang mengintegrasikan dunia fisik dan digital melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dalam bidang pendidikan, termasuk Pendidikan Agama Islam (PAI), Society 5.0 memberikan dampak yang signifikan terhadap proses pembelajaran. Guru PAI dituntut untuk terus mengembangkan kompetensinya, khususnya dalam ranah pedagogik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kompetensi pedagogik yang dibutuhkan oleh guru PAI dalam menghadapi tantangan era Society 5.0. Penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka dengan mengandalkan berbagai sumber literatur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI pada era ini dapat dipahami sebagai kemampuan pendidik yang berakhlak mulia dan memiliki pengetahuan keagamaan yang kuat dalam membimbing peserta didik untuk memanfaatkan teknologi secara optimal demi pengembangan diri, sekaligus menanamkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kajian Pendidikan Islam adalah media publikasi ilmiah peer-review yang berfokus pada hasil penelitian di bidang Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam untuk Transformasi Sosial, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Kebijakan Pendidikan Islam, Inovasi Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam, ...