Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2018): February 2018

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN VISUAL THINKING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SD

Fendrik, muhammad (Unknown)
Putra, Roby Maiva (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pengaruh pendekatan pembelajaran visual thinking terhadap kemampuan koneksi matematis. Kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen ini melibatkan 66 siswa kelas V di salah satu Sekolah Dasar di Kota Pekanbaru. Instrumen yang digunakan berupa soal pretes dan postes. Analisis statitistik yang dilakukan adalah uji ANOVA dua jalur dan uji non-parametrik Kruskal-Wallis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan visual thinking tidak berbeda secara signifikan dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran (visual thinking dan konvensional) dengan kemampuan matematis siswa (atas, tengah dan bawah) terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis; dan 3) terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan visual thinking ditinjau dari kemampuan matematis siswa (atas, tengah dan bawah).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JTA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Pendidikan is a peer-reviewed journal interested in any aspect related to education. JTA invites lecturers, researchers, teacher educators, and university students (Master and Doctoral) who want to publish their research reports or literature review articles. JTA ...