Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2018): February 2018

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA SEKOLAH DASAR PEKANBARU

Amaliyah, Siti (Unknown)
Antosa, Zariul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis paragraf Deskripsi siswa kelas III SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru, dari 22 orang siswa, hanya 8 orang siswa (40%) yang terampil dan sisanya 12 orang siswa (60%) kurang terampil. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan penggunaan media gambar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase skor aktivitas guru pada siklus I sebesar 66,66%, sedangkan pada siklus II persentase skor sebesar 91,66%. Aktivitas siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan, aktivitas siswa pada siklus I persentase skor sebesar 66,66% sedangkan pada siklus II persentase skor sebesar 91,66%. Hasil keterampilan menulis paragraf deskkripsi pada skor dasar rata-rata sebesar 65,3. Sementara itu, nilai keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siklus I skor nilai rata-rata sebesar 87,2, kemudian siklus II meningkat dengan rata-rata sebesar 89. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JTA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Pendidikan is a peer-reviewed journal interested in any aspect related to education. JTA invites lecturers, researchers, teacher educators, and university students (Master and Doctoral) who want to publish their research reports or literature review articles. JTA ...