Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS)
Vol. 4 No. 2 (2025): Juni

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TERHADAP CEMARAN Escherichia coli PADA AIR SUMUR GALI

Suryani, Lilis (Unknown)
Nopriyeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Escherichia coli merupakan bakteri indikator yang digunakan untuk menilai kualitas air, karena keberadaannya mengindikasikan bahwa air telah terkontaminasi oleh feses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan siswa terhadap cemaran Escherichia coli pada air sumur gali. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2025 dengan jumlah sampel sebanyak 34 siswa SMKS 21 Qawiy Shabab kota Bengkulu yang diambil dengan teknik total sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan Instrumen berupa kuesioner yang digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa terhadap cemaran Escherichia coli pada air sumur gali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan siswa mengenai cemaran Escherichia coli pada air sumur gali terbagi dalam tiga kategori, yaitu: kategori baik sebanyak 8 orang (23,5%), kategori sedang sebanyak 24 orang (70,6%), dan kategori kurang sebanyak 2 orang (5,9%). Pada penelitian ini, rata-rata tingkat pengetahuan siswa terhadap cemaran Escherichia coli pada air sumur gali tergolong sedang. Dan hasil berdasarkan tingkatan kelas, dimana kelas XII memiliki tingkat pengetahuan yang lebih baik dibandingkan dengan kelas XI dan X Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah sumber informasi yang diperoleh oleh siswa. Kata Kunci: Escherichia coli, Pengetahuan, Sumur Gali.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JRIPS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS) terbit sejak tahun 2022, diterbitkan dua kali dalam satu tahun. Merupakan jurnal penelitian yang menyajikan artikel-artikel dalam 2 bidang ilmu yaitu pendidikan sains (Kurikulum, Inovasi, Media, Assesment, Evaluasi, Manajemen dan Kebijakan, studi ...