Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran supervisi klinis dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di tingkat kelompok bermain dengan fokus pada kepala sekolah sebagai pelaksana utama supervisi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan kepala sekolah dan guru sebagai subjek penelitian melalui teknik wawancara mendalam dan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi klinis yang dilaksanakan secara sistematis melalui tiga tahap pertemuan awal, observasi kelas, dan pertemuan balikan berdampak signifikan terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru dan kualitas pembelajaran. Solusi yang diterapkan antara lain pendekatan kolaboratif, pelatihan penggunaan rubrik, serta umpan balik konstruktif. Temuan penelitian menggarisbawahi pentingnya pelatihan intensif bagi kepala sekolah, program supervisi yang terjadwal, dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan untuk memastikan keberlanjutan dampak positif supervisi klinis. Dengan demikian, supervisi klinis tidak hanya berfungsi sebagai alat monitoring, tetapi juga sebagai strategi pengembangan profesional guru yang berkelanjutan.
Copyrights © 2025