Jurnal Pedagogik Olahraga
Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Pedagogik Olahraga

IMPLEMENTASI HYBRID TGFU-SPORT EDUCATION MODEL MELALUI PERMAINAN SOCCER LIKE GAMES TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Al Afghani, Afwan (Unknown)
Budiana, Dian (Unknown)
Alfia Nugroho, Wildan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2025

Abstract

Motivasi dan hasil belajar merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah proses pembelajaran. Hal tersebut ditujukan untuk menjadi acuan dalam keberhasilan sebuah pembelajaran dan bisa mencari evaluasi jika ada kekurangan dalam proses pembelajaran dari hasil yang diperoleh. Dalam penelitian kali ini peneliti mengimplementasikan model Hybrid TGfU-SEM sebagai model yang digunakan dalam pembelajaran yang diimplementasikan melalui permainan soccer like games terhadap motivasi dan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 29 siswa yang hanya terdiri dari kelas eksperimen dan tanpa kelas kontrol. Hasil dari uji normalitas yaitu nilai Asymp. Sig-2 tailed sebesar 0,200 > taraf kesalahan alpha 5% atau 0,05. Hasil uji homogenitas bahwa data motivasi belajar sig 0,034 > 0,05 artinya data tersebut sama atau homogen. Hasil dari uji diketahui nilai signifikan atau sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh pada penerapan Hybrid TGfU-SEM melalui permainan soccer like games terhadap peningkatan motivasi belajar dan di nyatakan bahwa hipotesis diterima. Dalam peningkatan hasil belajar nilai rata-rata meningkat sebesar 10,48, jadi bisa disimpulkan bahwa model Hybrid TGfU-SEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpor

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pedagogik Olahraga merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan dua kali setahun pada setiap bulan Juni dan ...