Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat siswa dalam olahraga di SMP Negeri 1 Loksado. Latar belakang penelitian ini terletak pada fakta bahwa antusiasme peserta didik terhadap kegiatan atletik yang merupakan bagian dari pelajaran pendidikan jasmani sangat rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan sampel 29 siswa dari kelas VII B. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan 44 pernyataan yang mencakup lima indikator ketertarikan: perhatian, ketertarikan, aktivitas, peran guru, dan alat dan fasilitas. Uji validitas menunjukkan seluruh item angket memenuhi syarat validitas, dan reliabilitasnya sangat tinggi dengan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,92. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara umum minat siswa tergolong tinggi, dengan skor tertinggi terdapat pada indikator perhatian (81%), diikuti oleh fasilitas (79%), ketertarikan (78%), peran guru (78%), dan aktivitas (72%). Meskipun demikian, aspek aktivitas perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode pembelajaran yang lebih variatif dan peningkatan sarana pendukung untuk mendorong keterlibatan aktif peserta didik.
Copyrights © 2025