Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business
Vol. 5 No. 2 (2025): Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business (2025)

PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X MAN TAPSEL LOKASI BUNGA BONDAR

Siregar, Rosnida (Unknown)
Hartini, Sri Hartini (Unknown)
Ritonga, Mariyatul Kubtiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran penerapan kurikulum merdeka belajar di kelas X Man Tapanuli Selatan Lokasi Bunga Bondar, 2) gambaran kesulitan belajar siswa kelas X Man Tapanuli Selatan Lokasi Bunga Bondar, 3) untuk melihat pengaruh yang signifikan antara penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap kesulitan belajar siswa kelas X Man Tapsel Lokasi Bunga Bondar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh kelas X Man Tapanuli Selatan Lokasi Bunga Bondar dan sampel sebanyak 44 siswa. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis korelasi produk moment, uji T, uji koefisien determinasi yang didukung dengan menggunakan SPSS versi 29. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa gambaran penerapan kurikulum merdeka diperoleh nilai rata-rata (mean) dengan nilai 66,57 masuk pada kategori baik. Gambaran kesulitan belajar diperoleh nilai rata-rata (mean) dengan nilai 60,05 masuk pada kategori cukup baik. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 29, maka dapat diperoleh nilai t-hitung (5,528) > t-tabel (1,628) dengan nilai signifikan 0,000 pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5%. Dengan demikian maka dapat diketahui nilai signifikan lebih kecil dari = 0,05 (0,000<0,05), artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap kesulitan belajar siswa kelas X Man Tapsel Lokasi Bunga Bondar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ifi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business (IFI-JEB) is a fully refereed (double-blind peer review) and an open-access online journal for academics, researchers, graduate students, early-career researchers and students, published by Lembaga Intelektual Muda (LIM) Maluku. IFI-JEB ...