Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 6, No 1 (2025)

Pengembangan Liveworksheet Sistem Koloid Berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMAN 1 Pamboang

Nurlinda, Nurlinda (Unknown)
Auliah, Army (Unknown)
Hardin, Hardin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Liveworksheet yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan Liveworksheet ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluate). Sumber data pada penelitian ini ada empat, yaitu ahli media dan ahli materi sebagai uji kevalidan, guru mata pelajaran kimia sebagai uji kepraktisan serta peserta didik kelas XI 5 berjumlah 25 orang sebagai uji kepraktisan dan keefektifan. Instrumen yang digunakan untuk kevalidan yaitu lembar validasi oleh ahli media dan ahli materi, kepraktisan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran Liveworksheet, angket respon guru dan peserta didik, serta keefektifan yaitu angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah: (1) rata-rata validitas Liveworksheet dari ahli materi sebesar 3,63 dan ahli media sebesar 3,66 yang berada pada kategori valid dengan uji konsistensi antar validator sebesar 1,0 yang berada pada kriteria sangat tinggi, (2) rata-rata persentase kepraktisan Liveworksheet berdasarkan keterlaksanaan media adalah 100%, dan rata-rata kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik dan guru terhadap Liveworksheet berturut-turut sebesar 4,31 dan 4,43 dengan kategori tinggi, 3) Liveworksheet memenuhi kriteria efektif (≥85%) berdasarkan pencapaian ketuntasan kelas dengan persentase 88%, dan berdasarkan motivasi belajar dengan pemberian angket awal dan angket akhir didapatkan hasil nilai N-Gain sebesar 0,55 (kategori sedang). Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa Liveworksheet Sistem Koloid berbasis Discovery Learning yang dikembangkan dengan model ADDIE bersifat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...