Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Vol 11 No 1 (2025): Januari 2025

ANALISIS POLA ASUH OTORITER TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PAUD BKB KEMAS PANCASONA DESA UKIRSARI

Solihat, Anisa (Unknown)
Risna, Inten (Unknown)
Laili, Mahsiani Mina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Kondisi masyarakat yang ada di lingkungan PAUD BKB KEMAS Pancasona cenderung menggunakan pola asuh otoriter terhadap anaknya yang masih berada di usia dini. Sehingga, hal ini menjadi urgensi penelitian dengan tujuan untuk mengetahui analisis pola asuh otoriter di PAUD BKB KEMAS Pancasona serta mengetahui pengaruh pola asuh otoriter terhadap sosial emosional anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data yang telah didapat akan diolah dan dibuktikan dengan teori-teori yang berkaitan. Hasil penelitian bahwa pola asuh otoriter di PAUD BKB KEMAS Pancasona memiliki karakteristik, pengasuhan yang ketat dan memaksa, memberikan hukuman fisik, dan melarang anak melakukan sesuatu tanpa memberikan penjelasan. Sementara dalam perkembangan sosial emosional anak dengan pola asuh otoriter di PAUD BKB KEMAS Pancasona Desa Ukirsari menghasilkan perkembangan sosial emosional anak yang bersifat negatif, yaitu anak yang takut untuk mencoba sesuatu yang baru ketika mengenal lingkungan baru, emosinya tidak terkontrol, penakut, pemalu, kurang kreatif, serta menghasilkan perkembangan sosial emosional yang bersifat positif, yaitu anak yang disiplin, bertanggung jawab dan percaya diri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bunayya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak) Terbit 6 bulan sekali (Januari dan Juli) sudah dimulai sejak juni 2015, diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, ...