Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Penjas) di sekolah dasar memerlukan pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Salah satu solusi yang berkembang adalah penggunaan teknologi, khususnya platform berbasis gamifikasi seperti Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan Kahoot dalam pembelajaran Penjas di sekolah dasar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai sumber yang membahas pengaruh Kahoot dalam pembelajaran, baik dalam meningkatkan motivasi siswa maupun dalam mendukung pemahaman materi pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, karena elemen gamifikasi yang terdapat pada platform ini membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Selain itu, pemberian umpan balik secara langsung pada Kahoot juga membantu siswa dalam memahami materi dengan lebih cepat. Secara keseluruhan, pemanfaatan Kahoot terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran Penjas, membuat siswa lebih aktif dan termotivasi. Oleh karena itu, penggunaan Kahoot sangat disarankan untuk diterapkan sebagai alat bantu pembelajaran di sekolah dasar untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif, menyenangkan, dan efisien
Copyrights © 2025