JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 1 (2025): Vol 13 No 2 Mei 2025

ANALISIS KOMPETENSI SISWA ERA KURIKULUM MERDEKA: TANTANGAN DAN PELUANG DALAM PENDIDIKAN INDONESIA

Jasid, Adhara (Unknown)
Sastromiharjo, Andoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Kurikulum Merdeka menekankan pengembangan kompetensi kognitif, afektif, dan sosial siswa untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks. Artikel ini menganalisis pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka berdasarkan data kuesioner yang diisi oleh 8 guru bahasa Indonesia di tingkat SMP dan SMA. Pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi kognitif siswa, terutama dalam berpikir kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah. Di sisi afektif, meskipun ada tantangan dalam motivasi siswa, 55% guru melaporkan peningkatan dalam kemandirian, karakter, dan empati siswa. Pada aspek sosial, 65% guru mencatat peningkatan keterampilan kolaborasi, komunikasi, dan penyelesaian konflik antar siswa. Namun, tantangan muncul dengan siswa yang kurang percaya diri dalam berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Pembelajaran yang lebih inklusif dan pengelolaan dinamika kelompok dapat mengatasi hal ini, memastikan pengembangan kompetensi sosial yang merata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...