JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 1 (2025): Vol 13 No 2 Mei 2025

INTERNALISASI PRINSIP ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH DI MA NURUL YAQIN

Septantiningtyas, Niken (Unknown)
Maulidia, Wilda Rizkina (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi prinsip-prinsip Islam dalam membentuk dan meningkatkan akhlakul karimah di MA Nurul Yaqin. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi kegiatan keagamaan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi prinsip Islam di MA Nurul Yaqin dilakukan melalui tiga tahapan: pembiasaan, keteladanan, dan pemberian pemahaman secara konseptual melalui pembelajaran formal dan kegiatan ekstrakurikuler. Faktor pendukungnya meliputi komitmen kuat dari tenaga pendidik, lingkungan religius, dan keterlibatan aktif orang tua. Adapun hambatan yang dihadapi adalah pengaruh media sosial dan kurangnya dukungan sebagian kecil lingkungan keluarga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa internalisasi prinsip Islam yang konsisten dan terintegrasi mampu meningkatkan akhlakul karimah siswa secara signifikan di MA Nurul Yaqin.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...