Rendahnya minat belajar siswa menimbulkan suasana belajar yang kurang menarik dan komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS SMA Negeri 1 Toma disebabkan oleh dua faktor yaitu: faktor internal (dari dalam diri siswa) dan faktor eksternal (dari luar diri siswa). Faktor internal penyebab rendahnya minat belajar siswa adalah siswa malas belajar di rumah dan lebih mengutamakan aktivitas yang lain seperti bermain bersama teman, menonton acara televisi, dan mengerjakan pekerjaan rumah. Faktor eksternal penyebab rendahnya minat belajar siswa adalah faktor keluarga dan faktor lingkungan masyarakat. Faktor keluarga diantaranya keterbatasan ekonomi keluarga, dan kurangnya perhatian orang tua terhadap cara belajar anak. Sementara faktor lingkungan masyarakat adalah pengaruh pergaulan bebas dengan teman-temannya yang memiliki kebiasaan terburuk seperti minum-minuman keras, dan merokok. Diharapkan kepada guru dan orang tua hendaknya memberikan motivasi kepada anak untuk lebih giat dalam belajar dengan membantu memenuhi kebutuhan belajar sang anak untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025