Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Swasta Fajar Mas Lasori tahun pelajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan teknik pengambilan sampel penelitian adalah total sampling yang artinya seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan prestasi belajar IPS siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,919 yang artinya bahwa hubungan motivasi dengan prestasi belajar IPS tergolong kuat. Kemudian koefisien determinasinya sebesar 84,4% artinya bahwa motivasi mempengaruhi prestasi belajar IPS sedangkan15,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 12,15 sedangkan ttabel sebesar 0,683 pada taraf kesalahan 5% karena thitung> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain hipotesis yang mengatakan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar IPS siswa diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang diperoleh, maka peneliti mengajukan beberapa saran, yaitu sebagai berikut: 1) Bagi siswa, hendaknya siswa menumbuhkan motivasi belajarnya dari dalam dirinya (2) Bagi guru, hendaknya selalu memberikan motivasi belajar kepada siswa secara optimal sehingga prestasi belajar makin baik.
Copyrights © 2025