JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 1 (2025): Vol 13 No 2 Mei 2025

PENGARUH LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NIAS RAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NIAS RAYA T.A 2024/2025

Sari Lase, Indah Permata (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Perpustakaan merupakan sumber utama dalam belajar dan berperan sedemikian penting dalam proses pembelajaran. Layanan perpustakaan merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan data yang didapatkan, hasil belajar yang dicapai mahasiswa pendidikan ekonomi masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan perpustakaan berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nias Raya dari T.A 2023/2024 s/d 2024/2025 dengan jumlah 226 orang dan pengambilan sampel menggunakan kriteria secara random sampling (secara acak). Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari jumlah populasi yakni berjumlah 57 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa melaui layanan informasi, layanan penelusuran, pengelolaan, pendayagunaan, pengarahan, bimbingan, keramahan, kecakapan, dan penguasaan yang baik dari perpustakaan, dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa karena dapat membentuk sikap mahasiswa yang positif dalam memanfaatkan perpustakaan. Pada hasil penelitian nilai thitung sebesar 3.308091 sedangkan ttabel sebesar 1.673034, dapat dinyatakan bahwa thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa layanan perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan terfasilitasnya mahasiswa melalui layanan informasi, layanan penelusuran, pengelolaan, pendayagunaan, pengarahan, bimbingan, keramahan, kecakapan, dan penguasaan yang baik dari perpustakaan. Adapun saran dari peneliti yaitu hendaknya layanan perpustakaan dapat ditingkatkan lagi sehingga mampu mempengaruhi sikap mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan dengan baik agar pencapaian hasil belajar mahasiswa dapat lebih meningkat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...