Latar Belakang: program ini adalah adanya tantangan efisiensi operasional terhadap proses pengadaan bahan pendukung berupa packaging yang memanfaatkan pencatatan manual dalam proses pengajuan pesanannya di salah satu perusahaan garmen dan tekstil. Tujuan: program ini adalah untuk meningkatkan efisiensi, kecepatan, dan akurasi pada proses pengajuan pesanan packaging melalui penerapan sistem informasi berbasis web yang terintegrasi dan membantu dalam menghemat sumber daya kertas formulir. Metode: pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall, disertai kegiatan sosialisasi guna memperkenalkan dan melatih pengguna dalam mengoperasikan sistem. Hasil: program berupa terciptanya sistem informasi pengajuan pesanan polybag dan carton berbasis web yang memperoleh tingkat kepuasan pengguna rata-rata 90% terhadap isi informasi, keakuratan informasi, tampilan web, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu respon. Kesimpulan: pengimplementasian sistem informasi pengajuan pesanan polybag dan carton terbukti meningkatkan efisiensi proses pengajuan, mengurangi penggunaan kertas formulir, serta dapat mempercepat distribusi dan persetujuan formulir pesanan.
Copyrights © 2025