Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2025)

Hubungan Penerimaan Diri terhadap Perbandingan Sosial dengan dimoderatori oleh kebersyukuran pada Mahasiswa Pengguna TikTok

Hidayah, Nurul (Unknown)
Hardew, Ayatullah Kutub (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Penggunaan TikTok pada mahasiswa dapat memberikan dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatifnya ialah kecenderungan perbandingan sosial terhadap kehidupan serta pencapaian ideal orang lain yang di tampilkan di TikTok. Sehingga dapat menimbulkan kecemburuan sosial dan memunculkan dampak emosional negatif seperti munculnya rasa rendah diri dan iri. Kurang nya penerimaan diri menjadi salah satu faktor mahasiswa melakukan perbandingan sosial. Sehingga diperlukan variabel kebersyukuran untuk meningkatkan penerimaan diri dan menurunkan perbandingan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kebersyukuran dapat memoderasi hubungan antara penerimaan diri dengan perbandingan sosial pada mahasiswa pengguna TikTok. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 282 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik criterion sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar alat ukur melalui google form, dengan tiga skala yang digunakan yaitu skala perbandingan sosial INCOM (16 item, α = 0.785), skala penerimaan diri (24 item, α = 0.833), dan skala kebersyukuran (16 item, α = 0.753). Analisis data yang digunakan adalah teknik moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesisi diterima, dengan nilai sig sebesar 0.001 (< 0.05) dan nilai koefisien sebesar 0.004. Artinya, kebersyukuran dapat memoderasi hubungan antara penerimaan diri dengan perbandingan sosial secara positif. kebersyukuran yang dimiliki dapat membuat mahasiswa lebih menerima kelebihan serta kekurangan yang ada dalam dirinya, sehingga ketika mengakses TikTok tidak akan terpapar perbandingan sosial karena memiliki penerimaan diri yang baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...