Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketercapaian implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran bahasa inggris di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) se-Kecamatan Kersana berdasarkan aspek perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu Countenance Stake. Subjek penelitian adalah 111 peserta didik dan tiga guru bahasa inggris dari tiga SMPN se-Kecamatan Kersana. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, studi dokumen, dan observasi dengan pengharkatan skala Likert. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Ketercapaian pelaksanaan pembelajaran bahasa inggris pada aspek perencanaan di SMPN se-Kecamatan Kersana secara umum memiliki kriteria sangat baik dilihat dari indikator karakteristik dokumen rencana pembelajaran, isi dokumen rencana pembelajaran, kegiatan pendahuluan dan strategi pembelajaran (2) Aspek pelaksanaan secara umum memiliki kriteria baik dilihat dari indikator pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, berpartisipasi aktif, dan penilaian proses pembelajaran (3) Aspek hasil secara umum memiliki kriteria baik dilihat dari indikator hasil nilai ulangan harian hasil nilai tengah semester, hasil nilai akhir semester, hasil nilai sikap, dan hasil nilai tugas. Secara umum, hasil evaluasi ini menunjukkan bahwa belum semua indikator mencapai 100% sehingga perlu dilakukan peningkatkan agar lebih optimal. Rekomendasi yang diberikan antara lain: sekolah sebaiknya mengadakan pelatihan berkaitan dengan peningkatan keterampilan guru dalam penggunaan Teknologi Informasi, menerapkan strategi mengajar dan metode mengajar, mengembangkan tugas yang bervariasi dalam tingkat kesulitan yang berbeda-beda
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025