Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025)

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek Terhadap Perilaku Koperatif Peserta Didik

Safera, Bella (Unknown)
Supartono, Supartono (Unknown)
Utami, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis projek terhadap perilaku kooperatif peserta didik di SMP Smaratungga. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok, berdiskusi, dan menyelesaikan masalah secara kolaboratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik beragama Buddha di SMP Smaratungga, dan seluruh populasi dijadikan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah angket berbasis sekala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakanregresi linear sederhana. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis projek berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kooperatif peserta didik. Temuan ini memberikan implikasi bahwa penerapan PBL di sekolah berbasis agama Buddha dapat memperkuat keterampilan sosial siswa serta menginternalisasi nilai-nilai Buddhis seperti kerja sama, kasih sayang,dan harmoni sosial. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi refensi dalam mengembangkan strategi pembelajaran kontekstual dan inklusif yang seralas dengan kebutuhan abad ke-12.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...