Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis projek terhadap perilaku kooperatif peserta didik di SMP Smaratungga. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok, berdiskusi, dan menyelesaikan masalah secara kolaboratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik beragama Buddha di SMP Smaratungga, dan seluruh populasi dijadikan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah angket berbasis sekala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakanregresi linear sederhana. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis projek berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kooperatif peserta didik. Temuan ini memberikan implikasi bahwa penerapan PBL di sekolah berbasis agama Buddha dapat memperkuat keterampilan sosial siswa serta menginternalisasi nilai-nilai Buddhis seperti kerja sama, kasih sayang,dan harmoni sosial. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi refensi dalam mengembangkan strategi pembelajaran kontekstual dan inklusif yang seralas dengan kebutuhan abad ke-12.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025