Aurelia: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 4, No 2 (2025): July 2025

Pengaruh Persepsi Konsumen dan Iklan Terhadap Niat Beli pada E-Commerce Sociolla Dengan Peran Kepercayaan Konsumen di Kota Pekanbaru

Nuha, Sofia Ulin (Unknown)
Wasnury, Rendra (Unknown)
Paramitha, Anggia (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Konsumen dan Iklan terhadap Niat Beli melalui Kepercayaan Konsumen pada e-Commerce Sociolla  di Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan masyarakat di Kota Pekanbaru yang mengetahui e-Commerce Sociolla. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan rumus Hair, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 130 responden. Metode analisis data penelitian ini menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software SmartPLS versi 4.0.9.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen memilki pengaruh terhadap kepercayaan konsumen, iklan memilki pengaruh terhadap kepercayaan konsumen, persepsi konsumen memilki pengaruh terhadap niat beli, iklan memilki pengaruh terhadap niat beli, kepercayaan konsumen memiliki pengaruh terhadap niat beli, persepsi konsumen memilki pengaruh terhadap niat beli melalui kepercayaan konsumen, iklan memilki pengaruh terhadap niat beli melalui kepercayaan konsumen pada e-Commerce Sociolla di Kota Pekanbaru. Temuan ini memberikan imlikasi penting bagi e-Commerce dalam merancang strategi pemasaran yang efektif, terutama dalam merancang iklan yang tepat dan menarik agar persepsi konsumen baik terhadap e-Commerce tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa persepsi konsumen dan iklan terhadap niat beli tidak dapat diabaikan, dan kepercayaan konsumen memilki peran penting dalam meningkatkan niat beli terhadap e-Commerce. Oleh karena itu, suatu iklan dapat dimanfaatkan sebagai strategi pemasaran yang terintegrasi untuk memperkuat hubungan ini dan dapat menciptakan kepercayaan konsumen terhadap e-Commerce tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aurelia

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia is published twice a year: January and July. E-ISSN: 2964-2493 (Elektronik) P-ISSN: 2962-0430 (Cetak) Editor In Chief: T. Heru Nurgiansah, S.Pd., M.Pd DOI: 10.57235 Publisher: CV. Rayyan Dwi Bharata Receive articles from research and ...