Mendeskripsikan terkait bagaimana peran lingkungkan keluarga dalam pembentukan karakter, faktor-fakor dalam lingkungan keluarga yang mempengaruhi pembentukan karakter dan bagaimana hubungan antara keluarga dalam perkembangan peserta didik di sekolah. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode studi literature, yakni dengan mengumpulkan data yang diambil dari sejumlah literatur baik dari buku, jurnal, ataupun karya ilmiah lain yang mendukung dan berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data yang penulis gunakan adalah analisis deskriptif, yaitu menganalisis semua sumber yang diperoleh terkait artikel ini.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran lingkungkan keluarga dalam pembentukan karakter, faktor-fakor dalam lingkungan keluarga yang menpengaruhi pembentukan karakter dan bagaimana hubungan antara keluarga dalam perkembangan peserta didik di sekolah. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran lingkungan keluarga sanglah strategis dalam membentuk karakter peserta didik sekolah. Keluarga adalah tempat pertama anak menerima pendidikan dan menanamkan nilai-nilai kehidupan. Orang tua beperan penting dalam menanamkan nilai moral,etika, kebiasaan positif seperti nilai jujur, bertangung jawab,kerja keras dan komunikasi yang baik akan membentuk sikap dan perilaku anak disekolah dan dimasyarakat. Sebaliknya, Lingkungan keluarga yang tidak harmonis atau kurang perhatian dapat menghambat pembentukan karakter dan berdampak pada prestasi anak di sekolah (2) Faktor-faktor dalam keluarga yang mempengaruhi pembentukan karakter siswa seperti pola asu, perhatian emosional, pendidikan, kondisi ekonomi,dan budaya keluarga. (3) Hubungan antara keluarga dan sekolah sangat penting untuk kerberhasilan pendidikan karakter. Kerja sama yang baik antar orang tua dan sekolah dapat memperkuat proses pembelajaran dan pengembangan karakter anak secara optimal.
Copyrights © 2025